Minggu, 29 Agustus 2010

BETAPA AKU MENCINTAIMU Mpok Nori Part.II

Episode lalu *sinetron stripping mode on* sampe mana ya..?? dibaca dulu dech BETAPA AKU MENCINTAIMU MPOK NORI part I.biar ga bingung..
Yupsss akhirnya bermodal rasa cinta yang tulus dan suci kepada My Love Mpok NOri *cieeeh*,aku berangkat kejakarta,ditemani sandy dan dokil. Bodo amat Tabungan ku berbulan bulan harus habis… I don’t care if I could see my beloved Mpo Nori…
Kereta yang kami tumpangi akhirnya sampai juga distatiun Pasar Senen..
“Haallllooooo jakartaaa….dimana kau menyembunyikan Mpok Nori Ku tercinta” senyumku mengembang merasakan hawa Ibukota..sementara Sandi dan Dokil melongo seperti ayam ketelan karet gelang.. Shock Mungkin mereka, maklum saja baru kali ini melihat yang namanya Jakarta.
“woyy.. malah Nganga.. biasa aja dunk, jangan ditunjukkan identitas keUdikan kita,,malu beehh kalo ketahuan orang kampung “
“Gini tokh yang namanya Jakarta, padat merayap, kesibukan Khas ibu Kota yang sangat tinggi.. gedung pencakar langit bertebaran disetiap sisi… wahhh… wahh….
Kami masih tetap belum bisa mengatasi Metropolitan Shock *shock karena baru pertama berada di kota metropolitan..
“weewww monas… tinggi amat yaaa.. Puncaknya emas pula..Luar biasa… “ *semakin menunjukkan identitas Udik* coba emas itu dijual aja terus dibagi bagikan ke orang miskin yaaa,, wah bisa buat berapa puluh orang miskin ya.. Kontradiksi *pake bahasa sok Ilmiah hehe* di balik megahnya jakarta itu Puluhan manusia menggelandang dikolong kolong jembatan.. Pusat perbelanjaan alias Mall tapi dibelakangnya sebuah pemukiman Kumuh para pengemis masih juga jadi milik Jakarta.. Ibukota memang kejam..
Heitsssss..aku ga mau terlarut dalam Keudikan ini,, aku harus fokus pada tujuan utama ku BERTEMU MPOK NORIku TERCINTA..!! Mpok Nori… aku padamu…!!
“bapak tau ga alamat Mpok Nori ..?” tanyaku kepada supir angkot yang kami tumpangi
“bahhh… mana gw tau.. ngapain loe nanya alamat mpok nori ma gw,,lo kira gw keluarga mpok nori.. sembarangn lo.. Liat dunk mang muka gw ga ada Miripnya ma mpok Nori ..” busyett kok ni sopir malah mencak mencak
“eitss santai pakk,, kan kita Cuma nanya,, kali aja bapak tau,, lagian muka bapak ga mirip sama sekali kok ama mpok nori,, kayaknya lebih cenderung mirip ama bang Malih hehe” suka gw mendengar sahutan si Dokil..
“Loe gimana sih jon,, nekat ngajak kita kejakarta tapi ga tau sama sekali alamatnya Mpok Nori Lu tercinta itu.” Giliranku yang diomelin oleh sandy
“kalo kayak gini kita mau cari kemana.., mana gw udah laper neee dari malam ga ada Cuma mkan roti” curhat sandy
“yo wess,, kita cari warung dulu lah,, sekalian nanya nanya kali aja ada yang tahu alamat Mpok Nori “ Dokil menengahi
Ternyata di Ibukota ini, syukur deh masih banyak warung kecil pinggir jalan. Kirain yang ada Cuma restaurant cepat saji* kambuh lagi Keudikan Ini*
Teh es dan Nasi campur yang baru aja disuguhkan empunya warung, segera kami eksekusi hehe.. Lapar tingkat tinggi.
“Ncing.. aye mau nanya,, ncing tau kaga Mpok nori Alamatnye dimane..?” tanyaku kepemilik warung dengan logat sok sok betawi.
“Mpok Nori sing endi iki?? Akeh jenenge mpok nori neng Jakarta “ busyyettt sipemilik warung malah menjawab full javanesse..Giliran kepalaku yang nyut nyut ga ngerti artinya,, ga ada running textnya pula..wahhh saya Cinta indonesia..kaya budaya kaya bahasa… beraneka Ragam tapi tetap satu juga,, Hidup indonesia
“itu lho buu Mpok Nori yang sering ditV.. yang artis itu lho” untung ada sandy yang menguasai banyak bahasa lokal sebagai tour guide kami.
“oohh.. ora ngerti neng ndi,, nyapo memang’e golek mpok Nori” loading translate bahasa si pemilik warung Into indonesian.
Dan berhubung tidak mendapatkan informasi apa apa tentang mpok nori diwarung itu kami segera bergegas saja pergi, tokh semua makanan sudah ludes,,
Dan pencarian untuk Mpok Nori ku tercinta terus berlanjut,, tiap orang yang kami temui wajib kami tanyai, macam macam jawaban mereka.. diantaranya adalah
“wahh…jangan tanya gue donk.. gue ga punya affair ma Mpok Nori,, tolong ya,, gue ga mau media infotainment nguber gue karena gosip ini” sechhh obsesi jadi artis ne orang..
“Meneketehe…boro boro alamat Mpok Nori,, alamat rumah gue sendiri aja gue lupa” busyeet.. salah bertanya sesat dijalan,, yang kita tanya ternyata orang mabok..
“ke stasiun TV aja dek,, biasa nya mereka punya alamat para artis,,” agak lumayan connect ne jawabannya, “tapi saya titip foto saya ini ya.. serahkan ke orang tv, kali aja saya ditawarin masuk TV” nahh loo ujungnya ne yang ga enak, mau masuk tv bikin aja video lebay kayak keong racun buu biar masuk tv kayak jojo dan sinta.
“mau itu mpok nori,ponari, mpok ery ato apa kek,,, MPOKOKnya gue ga tau broo.. gue aja baru 2 jam lalu nyampe dijakarta” gubraaakkk bertanya sesama newscomer rupanya.
Capek juga rasanya nanya sana sini..kok bisa seh ga da yang tahu alamat mpok nori.. percuma jadi orang jakarta… *Maksa dan kecewa mode on*
1 orang terakhir lagi dehh..kayaknya ini eksekutif , penampilannya keren, pake dasi dan sepatu mengkilat..
“misi pakk.. numpang tanya” sapaku
“iya de,”senyumnya ramah menyertai jawaban itu
“bapak tau alamat Mpok Nori..?? Mpok nori yang artis itu..tau ya pakk…plisss harus tau” ini nanya apa maksa yaa..
“oohh Mpok Nori yang komedian itu,, tau dunkk kan tempat tinggalnya dekat rumah saya” jawab bapak itu
Horeeeeeeeee… Alhamdulillah…. Sejuta syukur ku ucapkan.. akhirnya ada juga yang tahu.. Mpok Noriiiiiiiiiiiii akhirnya… ku menemukanmu…*pake nada lagu naff ya bacanya*
Bersama bapak itu kami meluncur menuju alamat Mpok Nori, akhirnya merasa juga kita naek yang namanya busway,,,ga pake angkot lagi.. bapak itu ramah juga,, suka ngobrol,, lumyan dapat kenalan baru,dapat minuman dingin pula.. pluss roti lagi…
“masih jauh pak..?? tanya dokil
“lima belas menit lagi lah” jawabnya.. Hmmm ga sabar rasanya..
Adzan dzuhur terdengar samar oleh bisingnya suara kendaraan yang memenuhi ibukota… ternyata kesibukan duniawi tidak bisa terhenti sejenak saja meski ini adalah waktu untuk bersujud kepada Illahi..
huuaahh mata ini ngantuk..letih juga karena dari pagi kesana kemari mencari alamat mpok nori,,
Zzzzzz…..zzzzzzzzzzz…kkrrraaaakkzzzzzzzz… …
“dek.. bangun dee…” heitsss sapa ne yang membangunkan kami… kami melongo karena bis sudah sepi,, lhooo kemana bapak eksekutive tadi..
Hahhhhhhhh… kami terperanjat…. Menyadari semua barang barang kami lenyap, jam tangan, uang dan HP yang kusimpan ditas dibalik jaketku juga dibongkar…. Cuma dompet yang masih selamat karena ku selipkan di kantong boxerku dibalik celana jeansku.
“astagfirullahh” cuman itu gumamku lemassss…. Ini modus lama de,, memberikan makanan atau minuman yang sudah diberi obat tidur.. begitu keterangan dari orang orang di halte..
Aku nyaris menangis… kulihat sandy dan dokil terduduk lemas…..
“maafin aku, sand.. kil,, ini gara gara aku..”ucapku lirih mereka tidak menyahut..hanya nafas mereka yang tersengal.
“Mpok Nori..” suaraku masih lirih..
“aduhh jon,,, masih aja lu ingat mpok nori itu,, lu ne gila atau apa sech.. kita udah kayak gini masih aja lo nyebut nyebut mpok nori” emosi dokil mulai keluar
“terus aja lo nguber mpok Nori.. sekarang Mikir nasib kita.. gimana kita pulang..”
“kenapa sechh joon pleasee.. kenapa sechh harus sampai segitunya rasa cinta lo ama Mpok Nori..” suara sandy terdengar berat
Lama ku terdiam…ku sodorkan sebuah foto buram dari dompetku…
“foto mpok nori lagi..”bentak Sandi tanpa melihat foto itu
“sand.. itu ibuku..” jawabku..
“apa..?? kamu anak mpok nori?? Ga usah cari sensasi lo jon” dokil ikut membentak
“itu foto ibuku.. yang meninggal waktu aku berumur 6 tahun,, tanpa aku sempat puas merasakn kasih sayangnya….. ibuku meninggal sebelum aku tahu bagaimana rasanya berbakti… dan lihat ibuku.. mirip sekali kan dengan mpok nori..” air mataku akhirnya menetes,, mengingat almarhumah ibu,, yang sudah meninggal semenjak aku masih kecil, aku merindukannya.. aku ingin berbakti kepadanya seperti orang lain yang masih memiliki ibu,,bukan seperti cerita anak durhaka yang sering ku lihat disekitarku,, ada anak yang tega menyia nyiakan, menyakiti, bahkan membunuh ibu kandungnya sendiri..Naudzubillah.,, aku merindukan ibu,,walau ibu sudah lama tiada… ibu yang sangat aku cintai… ibuku yang Mirip..sangat mirip dengan Mpok Nori…
“Kata mereka.. diriku…selalu disayang..
hoo bunda… ada dan tiada… dirimu…
akan selalu ada dilam hatiku..” * alunan suara lagu tentang bunda menyeruak sanubari ku..
Itulah kenapa betapa aku mencintai mPok nori.. karena Aku mencintai ibuku….karena wajah ibuku sangat mirip dengan Mpok Nori….. walau Mpok nori Bukan Ibuku,,
tapi ingin ku kenang wajah ibuku yang sudah lama tiada lewat wajah renta Mpok Nori Ku tercinta…

*abisssssss*
Gmn..??




2 komentar:

Unknown mengatakan...

aku gak gitu ngerti dg ceritanya. kok lebih mirip diary ya.

Anonim mengatakan...

wahh...ini kan memang pake sudut pandang 3rd person... malas aja bkin yang kayk dimajalh alurx brooo... g bisa hehehe maklum lah pemula

 

Copyright © 2010 kalo ayhez ngaku Chubby

Template N2y Suka-Suka by Nano Yulianto